Cara Daftar dan Verifikasi Blog WordPress di Google Analytics

Sebagai pengguna WordPress, Anda harus mengetahui tentang software Google Analytics. Software ini berfungsi untuk mengetahui dan menganalisis aktivitas yang terjadi di blog. Analisis ini diketahui melalui jumlah pengunjung, kata kunci yang dicari, bounce rate dan informasi lain yang terdapat di Google analytics.

Sesuai dengan fungsinya, Google Analytics bertugas untuk menganalisis, memantau dan mengumpulkan banyak data yang berhubungan dengan akun WordPress yang Anda miliki. Informasi ini dapat dijadikan sebagai bahan untuk melakukan evaluasi dan perbaikan serta peningkatan kualitas blog.

Cara membuat akun Google Analytics

Langkah pertama untuk menggunakan software ini, adalah dengan membuat akunnya terlebih dahulu. Langkah-langkah yang dapat Anda lakukan adalah:

● Buka halaman Google Analytics.

● Klik Sign In yang terletak di bagian atas halaman, lalu pilih Google Analytics.

● Akan muncul notif login. Masukkanlah alamat Gmail Anda. Lalu klik “Next”. Jika belum memiliki, maka buatlah terlebih dahulu dengan mengklik tombol Create Account.

● Anda akan beralih ke halaman selanjutnya, masukkan kembali password lalu klik Sign In.

● Kemudian klik Sign Up untuk masuk ke halaman berikutnya.

● Isilah beberapa data yang terdapat dalam kolom-kolom. Data yang harus dimasukan adalah Account Name, Website Name, Website URL, Industry Category, dan Reporting Time Zone.

● Setelah lengkap, lalu klik tombol Get Tracking ID.

● Akan muncul tracking code, lalu salinlah kode tersebut.

Memasang Google Analytics pada WordPress

Untuk memasang tracking code Google Analytics di akun WordPress, Anda dapat lakukan dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan menggunakan plugin. Software ini dapat menambahkan tracking code tanpa harus menggunakan modifikasi secara manual, sehingga dirasa cukup mudah dilakukan oleh pemula sekalipun.

● Login menuju dashboard WordPress.

● Instal plugin Google Analytics. Caranya Klik menu Plugin>Add New.

● Pada kolom pencarian ketikan Google Analytics, lalu mulai instal dengan ShareThis.

● Tunggu beberapa saat hingga plugin selesai dan berhasil aktif.

● Setelah itu masuklah ke menu Settings>Google Analytics.

● Paste code analytics ke kolom Web Property ID.

● Klik tombol Save Change.

● Anda telah berhasil menambahkan tracking code ke akun WordPress.

● Tunggulah selama 12-24 jam report dari Google Analytics.

● Detail statistik website bisa dilihat di tab Reporting.

Manfaat Google Analytics

Berdasarkan fungsinya yang telah disampaikan di awal pembahasan, Google Analytics memiliki beberapa manfaat terhadap blog Anda.

● Mengetahui traffic blog

Software ini dapat memantau jumlah pengunjung aktif (real time) ke blog. Bukan hanya jumlah, tetapi juga informasi tentang halaman yang sedang diakses, lokasi pengunjung, sumber traffic, peristiwa dan juga konversi.

● Mengetahui jumlah pengunjung setiap hari

Mengetahui jumlah pengunjung tiap hari dapat menjadi indikator perkembangan dan kualitas blog. Hal ini tentu akan meningkatkan peringkat blog atau web dalam pendeteksian Google.

● Menganalisa interaksi pengunjung blog

Google analytics akan membantu Anda untuk menemukan kata kunci yang sering digunakan oleh pengunjung ketika membuka blog atau website. Bahkan dapat juga mengetahui asal kota atau negara, iklan yang diklik, ketertarikan mereka terhadap informasi yang ditampilkan, serta hal lainnya.

Demikian ulasan tentang cara daftar dan verifikasi blog WordPress di Google Analytics. Semoga dapat meningkatkan kualitas blog Anda. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Cara instan bikin Video Animasi

Coba Sekarang