Tips Agar Karyawan Bisa Membangun Bisnis

Tips Agar Karyawan Bisa Membangun Bisnis

Pada kesempatan kali ini Saya akan membahas cara seorang karyawan bisa menjadi pengusaha sukses luar biasa. Saya akan membahas lima langkah yang bisa Anda lakukan jika Anda ingin menjadi seorang pengusaha. Oke, banyak sekali orang diluar sana ingin menjadi pengusaha. Kali ini Saya tujukan untuk Anda yang saat ini masih bekerja, masih menikmati gaji dan masih memiliki income yang rutin dari perusahaan, berarti Anda adalah seorang karyawan. Anda adalah seorang profesional yang berpikir untuk memulai atau membuka sebuah bisnis. Apa langkah- langkah yang bisa Anda lakukan agar Anda tidak salah langkah? Saya jelaskan dulu kesalahan-kesalahan yang terjadi di luar sana.

Pada saat banyak sekali orang melakukan sebuah bisnis dengan langkah yang pertama resign, setelah resign mencari potensi bisnis, setelah mencari potensi bisnis, membuka sebuah bisnis, setelah itu mereka berusaha, mereka kerja keras, mereka kehabisan duit, kehabisan modal lalu kemudian kalau memang bisnisnya bisa sukses, mereka bertahan dengan bisnis, kalau bisnisnya tidak bisa sukses mereka bisa menjadi karyawan. Itu adalah skenario pertama. Saya memberikan skenario yang lebih strategis dari skenario yang pertama. Sebelum Anda melakukan resign, karena resign harusnya menjadi the last think, langkah yang paling akhir yang harus Anda lakukan adalah……

Langkah pertama adalah Anda harus memutuskan dan mengerti big why why Anda. Mau memulai sebuah bisnis, kenapa Anda harus menjadi seorang pengusaha? mengapa Anda tidak memilih memiliki jenjang karir yang tinggi? mendapatkan posisi yang sangat-sangat jauh di sebuah perusahaan lalu kemudian menjadi top level CEO yang luar biasa? karena mencapai top level CEO is not easy, bener-bener mudah sama sekali jauh lebih terhormat jauh lebih mendapatkan respect dari banyak orang dan tentunya kalau Anda mencapai sisi profesionalisme, yang sangat jauh pastinya Anda akan mendapat gaji yang besar, Anda akan mendapatkan kepastian, Anda akan mendapatkan penghormatan, Anda akan mendapatkan fasilitas banyak sekali hal-hal yang Anda capai kalau Anda memutuskan untuk tetap bertahan di sebuah perusahaan. Tapi kalau pun Anda benar-benar ingin resign ingin memulai sebuah bisnis, Anda harus betul-betul mengerti mengapa Anda ingin memulai bisnis? banyak sekali orang tidak punya alasan yang clear. Banyak sekali orang diluar sana nggak punya Alasan mengapa mereka harus memulai sebuah bisnis. Cuma ikut-ikutan karena tergiur dengan apa kata orang, karena gengsi, karena punya produk, punya kemampuan, punya keahlian, tapi kemudian merasa itu sesuatu yang adalah Anda pikir sangat luar biasa kalau dijadikan sebagai produk, lalu Anda berbisnis. We never now but the first time adalah understand the big why bener-bener understand why do you need to be a business owner ?

Langkah yang kedua adalah jauh-jauh hari sebelum Anda resign, pastikan Anda kuasai minimal skill ini. Skill yang pertama adalah Leadership. Kalau Anda jadi pegawai tidak bisa mimpin orang, saat Anda punya bisnis, Anda nggak bisa mimpin orang. You must get respect dari karyawan Anda. Anda harus bisa membuat karyawan Anda nurut. So.. belajar leadership. Belajar dan mencari cara untuk bisa mengambil tanggup jawab dari perusahaan agar Anda bisa memiliki kesempatan memimpin orang. Skill yang kedua adalah Marketing. Marketing adalah skill yang banyak sekali tidak disukai oleh banyak orang. Ada banyak orang yang tidak suka angkat telpon untuk hubungin prospek. Banyak sekali orang yang tidak suka dengan yang namanya iklan. Banyak sekali orang yang tidak tau bagaimana cara menulis iklan. Banyak orang tidak mengerti bagaimana mendesain sebuah kemasan yang bisa menjual. So… kalau Anda tidak tau cara marketing, please jangan resign kalau Anda nggak tau leadership, please jangan resign.

Skill yang ketiga adalah belajar. Meskipun Anda menjadi seorang pegawai untuk mengatur keuangan pribadi Anda, kalau Anda tidak bisa mengatur keuangan pribadi, jangan berbisnis karena saat Anda berbisnis, Anda tidak hanya mengelola uang pribadi, tetapi juga kepercayaan customer memberikan Anda deposit. Customer memberikan Anda project. Customer memberikan Anda kepercayaan, betul-betul mengelola kepercayaan tersebut. Banyak bisnis atau business owner karena dia tidak bisa mengelola kepercayaan karyawan, tidak bisa mengelola kepercayaan customer, mereka membiarkan customer bayar belakangan. “Udah deh pak karena saya belum bisa memberikan hasil, saya kasih bapak free dulu nanti kalau bapak sudah happy baru boleh bayar” dan kalau modelnya seperti itu, cashflow Anda akan bermasalah.

Skill yang terakhir adalah skill yang bener-bener bisa Anda di dapatkan benar-benar pada saat Anda menjadi karyawan. Ini tidak bisa didapatkan pada saat Anda sudah menjadi seorang business owner. Saat Anda menjadi karyawan, skill ini bisa Anda bangun yaitu networking. Memiliki network dengan supplier, network dengan prospect, network dengan customer, network dengan karyawan-karyawan, network dengan karyawan di luar perusahaan Anda. Ini semua perlu Anda bangun, Anda garap agar pada saat Anda resign, Anda punya yang namanya modal. Ini semua adalah modal untuk membangun sebuah bisnis benar-benar sukses. Langkah yang ketiga Anda perlu menguasai Sistem. Menguasai sistem adalah bagian yang fundamental dalam membangun sebuah bisnis. Pada saat Saya belum menjadi seorang karyawan, Saya sekolah, Saya belajar sistem disekolah tapi pada saat Saya bekerja menjadi seorang karyawan, saya mengerti sistem sebuah perusahaan. Pada saat Saya menjadi seorang pengusaha, Saya menerapkan sistem yang Saya pelajari didalam pekerjaan dan sekolah untuk Saya implementasikan diperusahaan. Ini semua bermanfaat sekali ketika Anda membangun sebuah bisnis.

Yang keempat ini adalah bagian yang paling seru yaitu Anda harus mempersiapkan emergency fun. Apa itu emergency fun? emergency fun yaitu pengeluaran Anda dikali enam. Kalau pengeluaran Anda tanpa melakukan apa pun Anda tidak mengurangi lifestyle Anda, kalau Anda biasa nonton film, ya nonton. Kalau Anda makan di luar, ya makan diluar. Kalau Anda biasa belanja, ya belanja. Anda biasa beli popok beli susu dan sebagainya. Anda hitung setiap bulan rata-rata berapa Anda siapkan tabungan enam bulan sejumlah pengeluaran Anda tanpa menurunkan lifestyle. Ini harus Anda miliki. Jika Just in case business Anda tidak berhasil, tidak berjalan, maka Anda memiliki backup plan. Backup plannya dan memulai business terkadang tidak bisa pada saat Anda mulai besok langsung sukses. Bisa jadi butuh waktu sebulan dua bulan tiga bulan untuk benar-benar membuat business ini benar-benar running dengan baik.

Yang terakhir adalah resign kalau Anda sudah memiliki big why, Anda sudah punya skill, Anda sudah bisa mengelola sistem, Anda sudah bisa membangun yang namanya network, Anda bisa memiliki emergency fund, Anda bisa memulai sebuah business, Anda basically ready menjalankan sebuah business walaupun sebelumnya Anda adalah karyawan.
Itulah pembahasan mengenai Tips Agar Karyawan Bisa Membangun Bisnis. Semoga bermanfaat ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *